Waspadai Daerah Rawan Banjir di Jakarta


Wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya dirundung hujan hampir sepanjang hari. Hal ini membuat ketinggian air di beberapa pintu air berstatus siaga.

Ketinggian air ini membuat beberapa wilayah berpotensi banjir. Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BPNB) Sutopo Purwo Nugroho menyampaikan puncak musim hujan diperkirakan pada pertengahan bulan Januari hingga Februari 2014.

"Puncak hujan diperkirakan pada pertengahan Januari hingga Februari 2014," ujar Sutopo dalam pesan singkatnya, Minggu (12/1/2014).

Sutopo juga menambahkan, naiknya Sungai Ciliwung bagian tengah di Depok akan menyebabkan potensi banjir di bantaran sungai kiri kanan Sungai Ciliwung seperti di wilayah Rawajati, Kalibata, Pengadegan, Gang Arus atau Cawang, Kebon Baru, Bukit Duri, Bidara Cina, dan Kampung Melayu.

Sementara itu, tanggul Kali Laya atau Kali Entong di Depok jebol sepanjang 10 meter pada siang tadi sehingga ratusan rumah di Perumahan Bukit Cengkeh dan Taman Duta terendam banjir.

Selain itu, Sutopo mengatakan berdasarkan pantauan satelit terlihat ada kumpulan awan hujan berada di sebelah Jakarta hingga Banten dan Selat Sunda. Angin dominan ke arah timur-tenggara sehingga diperkirakan hujan di wilayah Jakarta dan sekitarnya masih berpotensi terjadi. Masyarakat diimbau untuk selalu waspada.

Operasi modifikasi cuaca hingga saat ini belum dapat dilaksanakan karena belum adanya surat pernyataan siaga darurat dari Gubernur DKI Jakarta. BNPB masih melakukan koordinasi dengan BPBD DKI Jakarta. [detik.com]
Share on Google Plus

0 komentar: